Satu hal yang menyenangkan dari rumah adalah halamannya luas. Sebagian dari halaman itu ditanami bunga, pohon, dan ditambal dengan semen dijadikannya lapangan. Dulu saat kakak belum berkeluarga dan adek masih sekolah, lapangan itu kami pakai untuk main bulu tangkis. Tapi sekarang ketika semua sudah beranjak dewasa dan memiliki kesibukannya masing-masing, kami tak melakukannya lagi.

Kemarin saat mudik, setiap pagi saya lari 10 kali memutarinya. “Nduk .. larinya jangan di sini. Tuh ke GSG, lebih gede atau kamu lari sampe lapangan muhammadiah,” ujar bapak pada suatu hari melihat saya sedang lari-lari kecil. Saya berhenti sejenak, “Males pak … sini aja udah cukup.” “Lah gimana bisa kurus. Kamu itu udah terlalu gendut, nggak cukup kalo larinya cuma di sini,” ujar bapak lagi. “Pak … saya lari itu bukan buat kurus, biar sehat aja.”

Setelah makan malam, biasanya kami sekeluarga kumpul di satu ruang buat ngobrol-ngobrol. Kakak-kakak yang rumahnya tak terlalu jauh dari rumah, bahkan sengaja main, buat ngobrol. “Le … kok sekarang kamu iteman ya,” tanya ibu kepada adek. “Iya item, wong di Jakarta rajin lari. Puasa-puasa aja lari,” timpal saya.

Kira-kira 2,5 tahun belakangan ini, adek bergiat di dunia lari. Dia bergabung dengan komunitas lari, Indorunner. Rajin sekali ikut event lari, meski biaya pendaftarannya terbilang mahal. Medalinya sudah banyak, dipajangnya di ruang tamu saking bangganya.

“Mending item, daripada makin putih tapi gendutan, hahahaha,” jawab adik nge-bully mbaknya, yang tak lain saya sendiri. Kemudian saya menghindar dari percakapan. Menuju kamar melihat diri di depan kaca. “Oiya … makin lebar. Hufft.”

Beberapa artikel menyebutkan, seiring bertambahnya usia bukan hanya keriput dan kerutan saja yang timbul, tapi umumnya berat badan juga jadi gampang naik. Akan terjadi penurunan hormon dan massa otot yang dikenal dengan sarcopenia. Kehilangan massa otot akan memberikan dampak yang besar terhadap kemampuan fisik dan juga kemampuan fungsional. Hal ini diasumsikan dengan ukuran mesin tubuh yang turun dari 8 silinder menjadi 6 silinder hingga 4 silinder. Penurunan ukuran ini berhubungan sangat erat dengan penggunaan bahan bakar sehingga terjadi penurunan kecepatan metabolisme.

Mengutip wawancara detik.com dengan Dr Phaidon L Toruan, MM, dokter gizi dan pakar hidup sehat dari Jakarta Anti-aging & Executive Fitness Consultant, “Hasil yang timbul akibat semakin berkurangnya massa otot dan penurunan metabolisme adalah penambahan berat badan secara gradual (sedikit demi sedikit), kira-kira 5 kg per dekade. Selain itu juga menyebabkan penurunan bentuk, gerak dan pembakaran kalori.”

Diperparah dengan kegiatannya yang tidak seaktif ketika masih muda. Sementara makanan tidak dikurangi untuk mengimbangi kebutuhan energi. Akibatnya kalori menumpuk menjadi lemak dalam tubuh.

Nyaris tiga tahun bekerja di NGO, dengan beban kerja yang tidak sepadat tempat kerja sebelumnya. membuat berat badan semakin hari semakin meningkat. Meski jarang makan dan ngemil, tapi tubuh tidak dibiasakan untuk melakukan banyak aktivitas. Apalagi sekarang ada ojek online dengan harga yang cukup murah, saya jadi malas untuk jalan kaki seperti dulu.

Melebarnya badan tentu membuat saya kesal. Uring-uringan. Pasalnya, setiap kali pakai baju, masalahnya adalah sempit. Artinya saya harus mengeluarkan uang untuk membeli baju baru dengan size lebih besar lagi, M atau L.

Satu-satunya cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah harus memiliki tekad besar untuk menurunkan berat badan. Caranya dengan menerapkan pola hidup sehat. Lebih banyak makan sayur dan buah serta rutin berolahraga. Karena yang dapat mengubah nasib kita adalah diri sendiri, bukan? Seperti yang tertulis dalam Al-Qur’an surat Ar-Ra’d ayat 11, “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri.” Menumpuknya kalori, tak hanya membuat badan terlihat tak ideal, tapi juga menimbulkan berbagai penyakit berbahaya seperti Jantung, Kanker dan Stroke. Olahraga dan makan makanan yang sehat, mencegah nasib tidak baik dan memperpanjang umur di dunia. Jadi, ayo semangat menurunkan berat badan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *