6
Saya dan teman-teman komunitas di Jakarta: TurunTangan Jakarta, Sekolah Kolong Pelangi, dan Magister UNJ usai melakukan upacara di Kolong Jembatan By Pass Ramawangun Jakarta, Rabu (17/8)

Tengah malam menjelang Agustus, Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) DKI Jakarta, ramai. Sebanyak 28 pemuda-pemudi dari berbagai wilayah Indonesia berkumpul. Mereka adalah perwakilan relawan TurunTangan dari 14 daerah yang mengikuti Pelatihan Penggerak TurunTangan. Saat itu mereka saling berbagi cerita tentang apa yang sudah dan akan diperbuat untuk daerahnya.

Malam berganti pagi. Suasana justru semakin panas dan gaduh. Mereka kemudian membuat rencana peringatan Hari Kemerdekaan RI yang akan dilaksanakan 17 hari lagi. Hasil kesepakatannya, peringatan akan dilakukan dengan upacara bendera merah putih.

Pada 17 Agustus, bendera merah putih akhirnya berkibar di 13 Kota:Lhokseumawe, Medan, Pekanbaru, Palembang, Jakarta, Tangerang, Bandung, Malang, Surabaya, Yogyakarta, Banjarmasin, Kendari dan Ambon. Sementara di Banda Aceh, peringatan dilakukan dengan menggelar lomba di SD Negeri Monsinget, Aceh Besar. Perlombaan dan aneka kegiatan lainnya, seperti diskusi bersama veteran, juga digelar oleh relawan TurunTangan di berbagai daerah.

Soekarno pernah mengatakan, “Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak pernah melupakan sejarah bangsanya itu sendiri.” Pengibaran bendera merah putih, perlombaan dan diskusi dengan para veteran itu bukan sekedar perayaan. Melainkan cara relawan mengingat sejarah bangsanya sendiri bahwa 71 tahun silam ada orang-orang yang berjuang dengan keringat, darah dan air mata untuk meraih kemerdekaan Indonesia.

Cerita tersebut memperlihatkan ada optimisme di negeri ini. Mereka, generasi penerus bangsa, masih menghargai pahlawannya dan bersemangat melunasi janji kemerdekaan dengan berbagai cara. Kalau saja Soekarno sesumbar ingin mengguncang dunia dengan 10 pemuda yang kala itu mayoritas buta huruf, tentu hari ini kita bisa optimis bahwa Indonesia akan menjadi bangsa yang maju.

Merdeka!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *