Isu pangan menjadi masalah krusial di dunia. Kedelai atau soya adalah bahan pangan yang memiliki nutrisi tinggi dan bisa menjadi solusi. Tak heran jika kedelai dijuluki sebagai “The King of Bean” – rajanya kacang-kacangan – karena kedelai mengandung protein paling tinggi dari banyak macam jenis kacang.

20140912_082406_susu-tahu-kedelai
Sumber foto: www.tribunnews.com

Kedelai mengandung protein sebesar 40%, lemak 22%, karbohidrat 25%, serat 8% dan mineral. Berdasarkan skor Protein Digestibality Corrected Amino Acid (PDCAA), kedelai memiliki skor 0.90 – 1.00, nilai ini lebih tinggi dibandingkan dengan beras, jagung dan terigu. Kedelai juga kaya akan asam amino esensial, sehingga bermanfaat bagi kesehatan seperti menurunkan kolesterol, pencegah penyakit jantung, dan kanker.

“Nenek moyang kita sudah mengajarkan makan nasi dengan tempe karena mereka tahu ada kebaikan asam amino esensial di dalamnya seperti Lisin,” ujar Prof. Dr. Ir. Made Astawan, MS, seorang ahli kedelai dari departemen ilmu dan teknologi pangan Institut Pertanian Bogor, dalam acara Media dan Blogger Gathering yang bertemakan “Kedelai/Soya Sebagai Alternatif Pangan yang Bernutrisi” di Taman Kajoe, Cilandak Timur, Jakarta Selatan, Rabu (24 September 2018).

Masyarakat Indonesia sudah terbiasa mengonsumsi kedelai sejak dulu. Mereka mengolah kedelai menjadi tempe, tahu dan kecap. Seiring perkembangan zaman, kedelai diolah menjadi berbagai produk makanan yang lezat dan bergizi. Berikut tujuh aneka makanan olahan kedelai yang sempat dipamerkan dalam acara tersebut, beserta cara membuatnya. Siapa tahu Anda tertarik membuatnya!

1. Soya Cupcake

20181024_120508Cupcake yang terbuat dari kedelai ini, rasanya sangat lezat. Cara membuatnya sangat gampang. Anda hanya perlu menyiapkan 75 gram tepung terigu, 100 gram margarin yang dilelehkan, 100 gram gula pasir, tiga butir telur, 12 sendok makan susu kedelai. Setelah itu campur semua bahan-bahan, kocok bahan hingga merata, masukkan ke dalam cup kue, panggang kue kurang lebih 20 menit, hias kue dan tambah topping sesuai selera. Cupcake siap untuk di santap.

2. Steak Tempe

20181024_120443Steak identik dengan daging. Tapi siapa yang mengira, tempa bisa dibuat menjadi makanan yang sangat popular di dunia ini. Bahan utama untuk membuat makanan ini adalah 300 gram tempe kukus, tiga siung bawang putih, ½ sendok teh merica, satu sendok teh garam, satu butir telur dan tepung terigu serba guna.

Untuk bahan bumbunya tiga sendok makan saus tomat, dua sendok makan saus sambal, satu sendok makan saus tiram, satu buah bawang bombay potong-potong.

Cara membuatnya lumat tempe hingga hancur selagi hangat, haluskan bumbu bawang putih, merica dan garam, aduk rata dengan tempe. Bentuk bulat-bulan pipih adonan tempe. Kocok lepas telur, celupkan adonan steak dan gulung di atas tepung terigu serba guna. Goreng hingga kecokelatan atau matang. Untuk saus, tumis bawang bombay dan tomat hingga layu, masukkan semua saus biarkan agak meletup-letup, tuang sedikit air dan masak hingga saus mengental. Tata steak tempe di atas piring dan tuang dengan saus. Siap sajikan hangat.

3. Burger Tempe

20181024_120853Ternyata tempa juga bisa dibuat menjadi burger. Siapkan bahan utama, yaitu lima roti burger yang sudah dibagi menjadi dua bagian, lima lembar daun selada, satu buah tomat lalu iris, margarin secukupnya. Selanjutnya siapkan bahan isi, yaitu 200 gram tempe kukus, tepung panir atau tepung roti, satu putih telur dikocok lepas, satu siung bawang putih, kecap asin, kecap manis, garam dan merica secukupnya, satu putih telur dikocok lepas, saus tomat dan cabai serta mayonaise.

Cara membuatnya campur tempe, tepung panko, kuning telur, bawang putih, aduk-aduk. Masukkan merica bubuk, gula, garam, kecap asin serta kecap manis. Aduk kembali biar semua bahan tercampur merata. Bagi adonan tersebut menjadi lima, masing-masing bentuk menyerupai beef yakni bundar pipih. Celupkan adonan burger tempe ke dalam putih telur. Panaskan penggorengan yang sudah diberi margarin. Goreng hingga warna berubah kecokelatan dan matang.

Ambil satu buah roti burger, olesi masing-masing sisi roti dengan saus tomat dan saus sambal. Susun berturut-turut pada roti burger dimulai dari daun selada, mayonaise, burger tempe lalu kasih irisan tomat. Terakhir tutup bagian atas dengan memakai potongan roti burger yang lain. Burger tempe pun siap dinikmati.

4. Nugget Tempe

20181024_120254Tempe juga bisa dibuat menjadi nugget. Untuk membuatnya, Anda hanya perlu menyiapkan bahan utama yaitu 200 gram tempe, dua sendok makan tepung terigu, dua siung bawang putih, satu butir telur kocok, keju cheddar parut, satu buah bawang bombay, merica dan garam secukupnya, minyak goreng secukupnya. Kemudian bahan untuk lapisan yaitu tepung panir/tepung roti dan satu putih telur dikocok lepas.

Cara membuatnya campur semua bahan utama nugget menjadi satu hingga menjadi rata. Ambil satu sendok adonan nugget lalu cetak sebagai bulat atau lonjong, sesuai selera. Celupkan nugget yang telah dicetak ke dalam putih telur lalu gulingkan ke dalam tepung roti. Goreng nugget hingga matang berwarna kuning kecokelatan. Nugget tempe siap untuk disajikan.

5. Soya Silky Pudding

20181024_120721Anda bisa membuat pudding dengan bahan dasar kedelai. Caranya, siapkan bahan-bahan satu bungkus pudding susu, 1100 mililiter susu soya, satu sendok tepung maizena, gula pasir dan garam secukupnya.

Langkah awal tuang tepung maizena dan jelly strawberry ke dalam panci dalam keadaan kering, aduk sapai rata lalu masukkan susu cair secukupnya. Aduk kembali sampai adonan tidak menggumpal. Kalau adonan sudah halus dan tak ada yang menggumpal, masukkan sisa susu dan gula. Masak adonan di atas api sambil terus diaduk sampai adonan mendidih. Aduk dan tunggu sampai uapnya menghilang. Kemudian masukkan adonan jelly ke dalam gelas. Setelah dingin, berikan topping sesuai selera. Soya silky pudding siap disajikan.

6. Susu Kedelai

20181024_120743Anda pun bisa membuat susu kedelai sendiri di rumah. Caranya gampang sekali. Anda hanya perlu menyiapkan bahan-bahan yaitu satu gelas (200 mililiter) biji kedelai, lima gelas air, enam sendok makan gula pasir, ½ sendok makan garam, dan daun pandan ikat secukupnya.

Rendam kedelai semalaman, kira-kira 8 jam. Cuci bersih kedelai sambil diremas dibuang kulit arinya. Blender dengan sebagian air sampai halus. Saring menggunakan kain tipis bersih, peras sampai kesat. Rebus dengan sebagian air, gula, garam dan daun pandan. Aduk sesekali sampai mendidih. Angkat dan siap disajikan.

7. Chiffon Cake Pandan with Soya Milk

20181024_120223Cake ini memiliki tekstur yang lembut. Rasanya manis dan lezat. Jika Anda ingin membuat cake ini siapkan bahan A yaitu 90 gram minyak goreng, ½ sendok teh garam, 120 gram terigu pro rendah, 15 gram maizena. Selanjutnya bahan B yaitu 150 gram susu kedelai yang telah dicampur dengan endapan pandan suji, satu sendok teh matcha powder high quality. Dan terakhir bahan C yaitu 310-340 gram putih telur (11-12 telur), 1/4 sdt ctt, dan120-150 gram gula pasir.

Campur bahan A menjadi satu dan aduk rata. Setelah itu masak dengan api kecil. Campur bahan B ke bahan A, lalu aduk rata. Dalam wadah lain kocok bahan C, kocok putih telur dengan kecepatan rendah, tambahkan ctt dan garam, kocok dengan kecepatan sedang. Tuang adonan pasta ke dalam adonan putih telur, setelah itu kocok lagi. Tuang ke dalam loyang 20 sentimeter, panggang dengan suhu 170 derajat celcius. Tunggu sampai matang, angkat dan sajikan.

Masih banyak olahan kedelai yang bisa Anda buat. Anda bisa mencoba kedelai menjadi berbagai sajian makanan yang unik dan sesuai selera. Ini bisa menjadi cara untuk mengenalkan produk olahan kedelai pada anak-anak.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *