Hari Raya Idul Fitri identik dengan kue dan baju baru.
Hari Raya Idul Fitri identik dengan kue dan baju baru. Foto: Fimela.com

Hari raya Idul Fitri sebentar lagi. Biasanya umat muslim di Indonesia akan menyambutnya dengan suka cita. Mereka mempersiapkan kue dan baju lebaran untuk dipakai di hari raya. Tapi tahun ini sepertinya akan berbeda. Dunia sedang dilanda wabah Corona, termasuk Indonesia. Untuk menekan penyebarannya maka pemerintah menyarankan masyarakat untuk #dirumahaja. Meskipun hidup tak lagi normal seperti tahun-tahun sebelumnya, masyarakat masih bisa merayakannya bersama keluarga. Sehingga makan makanan khas lebaran dan memakai baju bagus tetap bisa dilakukan. Lalu bagaimana caranya ya untuk berbelanja?

Belanja online adalah pilihannya.

Aktivitas belanja  online menjadi kian marak di tengah pandemi. Wabah Corona memang telah mengubah segalanya. Termasuk cara berbelanja. Kita beruntung hidup di masa teknologi yang berkembang begitu pesat. Tak perlu ke luar rumah, kita masih bisa membeli barang hanya melalui genggaman. Tinggal buka handphone atau laptop, kita bisa membeli barang-barang yang dibutuhkan. Barang yang dibeli nantinya akan di antar langsung ke rumah.

Di balik kelebihan tersebut, belanja online juga memiliki kekurangan loh. Penyebabnya adalah karena dalam berbelanja online tidak terjadi pertemuan langsung antara penjual dan pembeli. Selain itu kita tidak bisa melihat kondisi langsung produk yang akan kita beli. Tak jarang belanja online berujung penipuan dan produk yang tidak sesuai dengan yang diinginkan.

Tips Belanja Online di Tengah Pandemi

Agar belanja online kita menjadi nyaman dan menyenangkan, kita perlu memerhatikan hal-hal sebagai berikut.

  1. Pilih Toko Online Terpercaya

Screen Shot 2020-05-13 at 7.50.18 AM

Saat memutuskan berbelanja online cari toko online yang terpercaya. Perhatikan tampilan website dan apps, apakah terlihat profesional atau asal-asalan. Toko online yang terpercaya biasanya memiliki tampilan situs yang menarik. Domain yang dipakai biasanya menggunakan .com. Sementara toko online abal-abal, biasanya menggunakan domain gratisan seperti blogspot.com, wordpres.com, .co, .pe.hu, .ml, .tk, .esy.es, .ga dan sebagainya. Jika menemukan toko online seperti itu, Anda perlu mewaspadainya.

Toko online abal-abal biasanya juga menawarkan harga yang tidak wajar. Alasannya sedang cuci gudang sehingga harga produk yang ditawarkan jauh dari harga aslinya. Misalnya jika ada toko online yang menjual Iphone 11 hanya Rp1 juta, sudah dipastikan toko online tersebut abal-abal.

  1. Toko Online Menyediakan Informasi Lengkap

Screen Shot 2020-05-13 at 7.51.46 AM

Toko online yang kredibel, biasanya akan menyediakan informasi lengkap. Dari informasi perusahaan, siapa yang mengelola hingga informasi produk dan penjualnya. Alamatnya juga jelas dan bisa dilacak. Terdapat nomor telepon atau email yang dapat dihubungi. Jika informasi – informasi tersebut tidak tersedia, maka jangan berbelanja di toko tersebut. Cari toko online yang memiliki kelengkapan informasi.

Toko online terpercaya pasti akan menyediakan kebijakan situs, berbelanja, dan pengembalian barang. Baca dengan teliti dan seksama. Jika ada hal-hal yang justru akan merugikan Anda segera beralih ke toko yang lain.

Jangan lupa untuk membaca kebijakan pengembalian barang. Kelemahan belanja online tidak bisa melihat barang secara fisik, risiko adanya kerusakan atau barang cacat selalu ada. Pastikan ada garansi dan Anda bisa menukarnya jika barang yang Anda beli tidak sesuai dengan yang diharapkan.

  1. Cek Keamanan Situs Web/Apps

Screen Shot 2020-05-13 at 7.45.03 AM

Sementara itu jika gembok berwarna kuning, artinya situs tidak aman karena toko online tidak menggunakan standar-standar yang direkomendasikan. Tentunya jangan pernah sekali-kali mengakses situs apabila gembok berwarna merah. Gembok dengan tanda silang berwarna merah berarti situs tersebut tidak aman karena penyedia layanan tidak menggunakan sertifikat yang valid.

  1. Riset di Google

Screen Shot 2020-05-13 at 7.53.42 AM

Sebelum memutuskan untuk membeli barang di suatu toko online lakukan riset terlebih dahulu. Misalnya pengalaman belanja di Toko A atau kasus penipuan belanja di Toko A. Ada banyak orang yang menuliskan pengalaman berbelanja. Kaskus adalah salah satu platform yang berisi cerita orang-orang dalam berbelanja di suatu toko online. Jika pernah ada kasus penipuan, Anda perlu mewaspadai, terlebih jika kasus penipuannya banyak.

  1. Pastikan Produk yang Dijual Berkualitas

Screen Shot 2020-05-13 at 7.56.07 AM

Setelah memastikan bahwa toko online ini aman dan terpercaya, cek apakah produk yang dijual berkualitas atau tidak. Baca informasi produk dan review pembeli di kolom komentar. Jika komentarnya bagus dan mendapat penilaian memuaskan, silahkan untuk melanjutkan membeli barang di toko tersebut.

  1. Melayani 24 Jam

Screen Shot 2020-05-13 at 8.00.14 AM

Cari toko online yang bisa melayani 24 jam. Jika berbelanja online dengan waktu unlimitted akan memudahkan Anda ketika bertransaksi. Jika ada keluhan seperti mengalami kesulitan saat membayar, ada usaha penipuan dari oknum atau barang yang tidak sesuai, Anda bisa melaporkannya kepada custumer service dengan segera. Toko online yang baik akan memberikan pelayanan yang super cepat sehingga pembelinya tidak perlu menunggu untuk mendapatkan kepastian.

  1. Fitur Belanja yang Friendly

Screen Shot 2020-05-13 at 8.01.39 AM

Kini toko online saling berlomba untuk memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggannya dengan menyediakan fitur-fitur belanja. Pilih toko online dengan fitur belanja online yang friendly. Fitur belanja yang friendly akan memudahkan Anda dalam melakukan belanja online tanpa hambatan.

  1. Memberikan Reward kepada Pembeli

Screen Shot 2020-05-13 at 8.03.17 AM

Memutuskan berbelanja di toko online yang memberikan penawaran khusus akan sangat menguntungkan kita. Hidup di tengah pandemi yang tidak pasti seperti sekarang ini, perlu sekali untuk berhemat dalam berbelanja. Biasanya toko online akan memasang info penawaran khusus di web banner mereka. Kunjungi banyak toko online dan bandingkan, toko online mana yang memberikan keuntungan lebih besar untuk Anda, seperti diskon, cash back maupun poin yang bisa ditukarkan dengan gift voucher.

Mapemall, Alternatif Belanja Online di Tengah Pandemi

Meski #dirumahaja kita tetap bisa memenuhi kebutuhan dengan cara online shopping/belanja online. Ada banyak toko online yang bisa menjadi pilihan karena selain aman, terpercaya, mereka juga berlomba-lomba memberikan penawaran yang menarik. Salah satunya adalah Mapemall.

Mapemall adalan online yang menyediakan produk-produk internasional dan berkualitas.
Mapemall adalan online yang menyediakan produk-produk internasional dan berkualitas.

Mapemall sendiri merupakan toko online pertama dengan kategori fashion dan lifestyle yang menyediakan brand original di Indonesia yang menawarkan lebih dari 150 merek internasional. Ada banyak kategori di sana, seperti fashion untuk pria, wanita, dan anak-anak. Tak hanya terbatas pada fashion tapi Mapemall juga menyediakan produk kecantikan, olahraga, rumah dan tempat tinggal, mainan, perjalanan, alat tulis, elektronik dan gadget.

Jika dibandingkan dengan toko online yang lain, menurut saya Mapemall jauh lebih unggul dibandingkan yang lain. Mapemall memenuhi standar toko online yang bisa menjadi pilihan berbelanja online seperti yang telah saya paparkan di atas.

Mapemall memakai teknologi O20 (online ke offline) yang memudahkan konsumen untuk mengakses berbagai merek yang dipilih dengan fitur-fitur canggih dan mudah. Misalnya fitur click and collect untuk mengambil barang-barang yang dibeli langsung di tempat yang tersedia. Kemudian ada toko offline dan fitur “Milla” sebagai asisten pribadi yang membantu memberikan rekomendasi tentang ukuran dan produk yang tepat sehingga sesuai dengan karakteristik pembeli. Jadi kita tak perlu khawatir saat berbelanja baju, karena jika kita menggunakan fitur tersebut, pakaian yang kita beli ukurannya akan sesuai dengan tubuh kita.

Serunya lagi, kita bisa berbelanja kapan saja dan di mana saja. Mapemall dapat diakses selama 24 jam, bisa lewat website mapemall.com atau apps online IOS dan Android. Berbagai pilihan pembayaran juga tersedia, layanan pengirimannya ke semua kota dan jika ingin menukar barang bisa dilakukan dengan mudah karena respon customer service yang super cepat. Mapemall menjadi aplikasi belanja online yang bisa ambil langsung, home delivery dan pick up in store.

Untitled
Mapemall tersedia juga dalam bentuk mobile apss IOS dan Android.

Maka bayangkan kita bisa berbelanja kebutuhan fashion dan lifestyle sebatas genggaman namun cepat, mudah, aman, dan merk yang terjamin kualitasnya. Pokoknya di Mapemall, belanja online barang original.

Menyambut hari raya Idul Fitri kali ini, Mapemall menghadirkan beragam program menarik seperti Ramadan dan Idul Fitri Deals mulai 24 April hingga 24 Mei 2020 yaitu diskon up to 70% off dan Cashback 40% off, Flash Sale, Midnight Sale, Buy 1 Get 1 dan beragam promo menarik lainnya dari berbagai brand internasional.

Jika berbelanja di Mapemall, kita akan memperoleh poin. Poin tersebut dapat dikumpulkan dan kita tukarkan dengan hadiah. Bagi pemegang kartu anggota MAPCLUB, belanja online authentic brand di Mapemall akan mendapat keuntungan Super Double Bonus, artinya poin yang ditukarkan tersebut bernilai dua kali lipatnya. Poin dapat ditukarkan dengan Gift Voucher atau voucher belanja yang berlaku hingga akhir Juni 2020.

Mapemall selalu memberikan informasi terbaru tentang fashion dan lifestyle setiap harinya melalui media sosial. Follow saja Facebook, Twitter dan Instagramnya: @Mapemall_com dan @Mapemall_shop.

Mapemall menjadi rekomendasi belanja online karena easy shopping 2020. Di tengah wabah Corona tetap #MapYourStyle dan #AtHomeWithUs bersama Mapemall.

One thought on “Ingin Belanja Tapi Harus Di Rumah Aja? Mapemall Solusinya!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *